Surat Terbuka Lufy Jung untuk Kata Bintang - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat Terbuka Lufy Jung untuk Kata Bintang

 


Kepada: Kata Bintang

Di tempat

 

Selamat Ulang Tahun Kata Bintang.

Mungkin kata ini telat saya sampaikan. Namun saya tetap berharap tidak kehilangan maknanya, setelah satu Tahun saya bersama denganmu.

 

Surat ini hanya berisi ungkapan terima kasih saya pada Kata Bintang. Sebagai seseorang yang memiliki perbedaan mencolok di antara teman-teman. Saya ingin mengungkapkan perasaan saya melalui surat ini yang jarang saya ungkapkan.

 

Saya sangat senang di kata bintang, tidak ada persaingan di antara kita. Seperti yang terjadi di beberapa komunitas dan antar penulis. Dimana mereka saling menyombongkan diri. Saling menonjolkan diri dan menekan yang lemah. Meremehkan orang lain dan memberi batasan dalam berkarya. Dan akhirnya saya yang diberikan kelebihan merasakan banyak aura di sekitar merasa tertekan, sesak dan lelah akibat energi negatif dari orang sekitar saya. bukan berarti para penulis yang seperti itu jahat. Mereka orang baik, berniat baik namun tanpa sadar cara mereka justru beraura negatif. (Catatan :  Komunitas yang saya maksud bukanlah komunitas tertentu. Saya banyak bergabung dengan beberapa komunitas sebelum menemukan Kata Bintang. Dan juga banyak bertemu para penulis lain jauh sebelum bertemu Kata Bintang. Hanya saja pribadi saya yang tertutup memang sulit membuka perjalanan karir saya yang menulis sejak tahun 1999. Karena apa karena orang lain tidak perlu tahu itu. Dan belum tentu orang lain ingin mendengar perjalanan karir menulis saya.)

 

Di dalam komunitas kata bintang ini saya bisa bernapas. Seolah saya menemukan ruang nyaman yang memberikan saya peluang untuk menjadi diri saya sendiri dan tidak harus tertekan maupun dipaksa mengikuti jalan orang lain. Saya merasa nyaman dengan keadaan saya yang berbeda di sini.  Kita saling mendukung. Saling mendorong dan memotivasi tanpa perlu mendikte, agar sinar kita semakin terang sesuai proporsi kita, bakat kita, dan kemampuan kita.

Saya menulis ini bukan bermaksud mendiskriminasi komunitas lain. Saya hanya berbagi pengalaman saja. Dari sekian banyak komunitas kepenulisan, mengapa saya betah di komunitas ini dan masih berpikir ribuan kali bahkan enggan masuk komunitas lain. Karena hanya di komunitas ini saya bisa 'Bernapas'. Saya bisa 'Merdeka'. Menjadi diri sendiri dan berkembang sesuai bakat dan kemampuan saya.

 

 Karena kita tidak bisa bersinar sendiri tanpa bantuan orang lain.

Karena itulah saya mengucapkan 'Terima kasih Kata Bintang'. Telah memberikan saya tempat  yang nyaman untuk saya berkembang dan berkarya. Semoga kita bisa bersinar bersama. Seperti bintang di langit yang berserakan menjadi keutuhan yang maha indah. Karena jika saya hanya bersinar sendiri. Cahaya saya akan kehilangan makna dan keindahanya.

 

Itulah ungkapan perasaan saya. Orang lain belum tentu memiliki penilaian dan pendapat yang sama. Dan saya sangat menghormati setiap perbedaan yang ada. Sekian surat dari saya.

Salam untuk semuanya. Sukses Berkarya

 

Lufy Jung

Penulis Receh

Posting Komentar untuk "Surat Terbuka Lufy Jung untuk Kata Bintang"