Ribut tentang Penayangan Film G30S PKI - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ribut tentang Penayangan Film G30S PKI


Ketika terjadi ribu-ribut tentang penayangan film G30S PKI di televisi, salah satunya yang ditayangkan oleh SCTV Minggu 27 September 2020, saya jadi merasa aneh. Mahfud, MD tegas-tegas menyatakan tidak ada larangan menonton dan menayangkan film tersebut. Sungguh netizen yang aneh! Dengan dalih film tersebut rekayasa orde baru? 

Di tengah-tengah merebaknya isu bangkitnya PKI di tengah-tengah masyarakat, menurut saya film itu pantas ditayangkan. Selain belum ada film versi baru yang independen, secara hakiki pesannya sudah tersampaikan bahwa PKI terlarang hidup di negara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, di negara yang masyarakatnya beragama. 

Kalau merasa film tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan nafsu pribadi atau tidak logis menurut pendapat orang per orang, negara dan bangsa dengan jaminan UUD 1945 berhak membuat versi tandingan film yang baru sama sekali. Tapi tunggu, pembuatan film tersebut membutuhkan waktu sekitar dua tahun untuk rampung dan layak tayang. Dan, pada tahun pembuatannya sekitar 1984, menguras dana 800 juta rupiah. Entah berapa duit kalau dikonversi ke nilai uang sekarang. Mampu? Makanya jangan banyak protes, tidak suka yang buat sendiri, hahaha!

Posting Komentar untuk "Ribut tentang Penayangan Film G30S PKI"

  • Bagikan