FACEBOOK GIANT - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FACEBOOK GIANT


Facebook merupakan jejaring sosial yang berpusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Facebook diluncurkan pertama kali pada bulan Februari 2004 oleh pendirinya yakni Mark Zuckerberg. Hingga September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Jadi sekarang facebook sudah berumur 14 tahun. Cukup lama bertahan dan berkembang dengan sangat pesat.
Menurut BBC News, , Facebook telah menjadi media sosial raksasa di dunia. Tahun 2015, pengguna aktifnya bertambah 60 juta per bulan. Pihak Facebook mengatakan penambahan jumlah pengguna antara lain terjadi di negara-negara berkembang. Yah, seperti negara kita (Indonesia). Ternyata Indonesia merupakan pengguna terbesar ke-4 di dunia. Wow, fantastis!
Berdasarkan rata-rata trafik situs per bulan, Facebook menjadi media sosial paling banyak dikunjungi dengan pengguna lebih dari 1 miliar juta pengunjung perbulan pada tahun 2017. Rata-rata pengunjung Facebook menghabiskan waktu 12 menit 27 detik untuk mengakses jejaring sosial tersebut. Sebesar 92 persen mengakses Facebook via mobile dengan perbandingan persentase berdasarkan jenis kelamin sebanyak 44 persen untuk wanita dan 56 persen adalah pengguna pria.
Apa saja yang dilakukan di Facebook? Tentu yang pertama membuat jaringan pertemanan. Tentu si pengguna diharuskan membuat account (akun) agar bisa masuk ke dalam jejaring Faceook, kemudian menambah teman, masuk anggota grup atau membuat grup sendiri. Bahkan, ada yang membuat fanpage untuk keperluan lain-lain.
Kedua, membagikan (sharing). Ketika pertama menjadi pengguna Facebook, maka ia memancing penggunanya dengan kotak kosong yang bertuliskan “What’s on your mind, …?” maka pasti si pengguna akan membagi status di berandanya. Kemudian menunggu beberapa saat melihat siapa yang memberikan tanda Like, Love, Sad, Laugh, dan Angry dan atau sekedar comment. Hal berikutnya, pengguna akan lebih banyak membayar waktunya di dalam Facebook untuk berbagai keperluan. Pengguna kadang juga membagi foto diri ke berandanya sehingga muncul juga diberanda teman-temannya kalau ia sedang memposting foto. Kembali si pengguna Facebook menunggu beberapa saat untuk melhat tanda Like, Love, Sad, Laugh, dan Angry dan atau sekedar comment.
Ketiga, bisnis online. Ketika teman Facebook telah banyak, jaringan grup juga sudah luas hingga ke mancanegara, maka sangat potensial si pengguna Facebook untuk berjualan. Ada yang berjualan secara mandiri, ada yang menjadi reseller (makelar) ada pula yang share blog/artikel. Serta hal lain.
Keempat, tujuan lain-lain. Pada tahap berikutnya, pada beberapa tahun ini, Facebook menjadi perang komen, perang status, perang gambar, [erang kebencian, dan perang hacker. Pengguna Facebook mulai tidak merasa nyaman dan aman dengan akun miliknya. Terjadilah kasus kebocoran data hingga pendirinya meminta maaf kepada publik. Ini yang tidak termasuk dalam tujuan Facebook atau citarasa kemanusiaan.
Beranda-beranda Facebook dipenuhi oleh sentimen agama, politik, kultur, dan sosial. Berandanya dipenuhi dengan gambar dan pesan kebencian. Anti ini dan itu. Kafir dan bid’ah. Seks dan porno grafis dan film. Facebook makin hari makin menyampah ulah tangan pengguna yang tidak bertanggung jawab.
Ada banyak manfaat yang bisa digali dari Facebook, mari kembangkan, tingatkatkan untuk kesuksesan bersama.


Posting Komentar untuk "FACEBOOK GIANT"

  • Bagikan