Langkah Jujur Jokowi Terhadap Sejarah - CocokPedia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Jujur Jokowi Terhadap Sejarah


Penetapan tanggal 1 Juni sebagai hari Lahir Pancasila merupakan langkah jujur Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Terbitnya Surat Keputusan Presiden RI nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila menjadi dasar resmi penguat amanah para pendiri dasar negara. Hal tersebut  secara otomatis menghapus ketentuan sebelumnya yang menetapkan 1 Oktober sebagai hari Kesaktian Pancasila. Dengan serta merta juga menghapus pembodohan terhadap rakyat yang mendekatkan Pancasila secara mistis yang dibangun oleh masa orde baru.

Dalam surat keputusan tersebut dimuat pertimbangan jujur sebagai negarawan bahwa Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara Republik Indonesia harus diketahui asal usulnya oleh bangsa Indonesia dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi sehingga kelestarian dan kelangggengannya senantiasa diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Surat keputusan tersebut juga menuangkan bahwa Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia telah memprakarsai dengan menyelenggarakan sidang pembahasan dasar negara. Ir. Sukarno dalam sidang tersebut untuk pertama kalinya memperkenalkan Pancasila sebagai dasar negara. Selanjutnya, sejak kelahiran Pancasila dalam perkembangannya menghasilkan Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 yang ditetapkan oleh Panitia Sembilan dan disepakati sebagai rumusan final dasar negara oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia tanggal 18 Agustus 1945.

Esai,Pancasila,jokowi,Artikel,indonesia,article,hari lahir pancasila,otomatis,ideologi,Sukarno,piagam jakarta,final,1 juni,

Selain penegasan bahwa Pancasila adalah rumusan final dasar negara RI, juga disampaikan bahwa rumusan Piagam Jakarta dan rumusan Pancasila merupakan satu kesatuan proses lahirnya Pancasila sebagai Dasar Negara. Dan sebagai bentuk penghargaan Jokowi selaku Presiden RI, tanggal Surat Keputusan Presiden RI tersebut ditetapkan dan ditandatangani tanggal 1 Juni 2016, setahun yang lalu sehingga secara resmi pada tanggal 1 Juni 2017 merupakan peringatan pertama Hari Lahir Pancasila yang jujur sesuai dengan sejarah dan amanah Ir. Sukarno.
Selamat Hari Lahir Pancasila!

Posting Komentar untuk "Langkah Jujur Jokowi Terhadap Sejarah"