BENTROK

 



Oleh Moh. Rasul Mauludi

 

Kata bentrok dipastikan berakibat tidak nyaman. Bentrok itu sendiri berbenturan, beradu, bertabrakan, dan terjadi hal kurang baik pada saat yang bersamaan. Artinya tidak nyaman disebabkan harus ada yang dikalahkan salah satunya.

Kata bentrok sering terjadi dalam kehidupan manusia. Bentrok dalam hal yang tidak baik adalah bentrok fisik. Dalam hal lainnya, yakni bentrok waktu. Bentrok fisik dan bentrok waktu sama-sama memakan korban. Korban dari bentrok fisik akan berhubungan dengan raga atau badan. Bisa lebam bisa pula luka-luka dan sebagainya.

Bentrok fisik sering terjadi dalam bentuk gerombolan atau kelompok yang dipicu dari gejolak personal. Antar warga, antar pemuda, antar pelajar, antar sesama, antar kelompok, antar golongan dan seterusnya. Bentrok fisik sering terjadi pada pelanggaran keamanan dan ketertiban umum.

Sementara korban dari bentrok waktu berhubungan dengan situasi dan kondisi. Dalam hal bentrok waktu, lebih sering terjadi pada acara-acara seremonial dan kegiatan sosial. Memilih waktu yang sangat penting atau urgen dan mengalahkan yang tidak terlalu penting.

Seperti pejabat yang kelasnya pimpinan. Mau tidak mau akan banyak undangan yang meminta dirinya hadir. Ketika, ada undangan yang bersamaan atau bentrok baik hari dan jamnya, maka pastilah dipilih undangan yang sifatnya penting. Undangan lainnya yang sifatnya rutinitas atau biasa saja ditinggalkan.

Bisa saja dengan solusi dihadiri semua dengan cara telat salah satunya. Dengan begitupun, tetaplah yang sifatnya penting didahulukan. Bentrok waktu memang tidak separah dibandingkan dengan bentrok fisik. Namun, bentrok waktu menimbulkan kekecewaan bagi yang dijadikan korban.

Dari kedua bentrok di atas, masih ada bentrok yang juga berakibat merugikan atau mengalahkan salah satunya. Adanya bentrok pasal dalam undang-undang dan bentrok aturan dalam kebijakan serta bentrok program dalam organisasi. Bentrok ini semacam tumpang tindih, tidak tertib, atau menyalahi obyek yang menjadi sasaran. Sebelum yang satu direalisasikan, muncul lagi yang lain untuk direalisasikan.

Akhirnya, memang tidak pernah nyaman kejadian bentrok itu. Namun, memang sulit menghindari untuk tidak terjadi bentrokan. Sepertinya hidup ini harus terjadi bentrokan dalam beberapa hal dan tidak dalam hal yang kurang baik.

Lebih jauh lagi tentang bentrok, apakah ada yang namanya bentrok hati!? Jawabannya hanyalah dua pilihan, yakni bisa saja ada dan bisa pula tidak ada.


SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post